PROSES MENERBITKAN BUKU


Narasumber     : Joko Irawan Mumpuni
Tema               : Proses Menerbitkan Buku Ajar 
Waktu              : Jumat, 8 Mei 2020

Joko Irawan Mumpuni merupakan Direktur Penerbitan di Penerbit Andi sekaligus sebagai penulis buku dan juga Asesor Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). 

Melalui perkuliahan onlinenya, Beliau berbagi teknis untuk menerbitkan buku di Penerbit Andi. Berikut tahapannya:


Terdapat 4 proses dalam penerbitan buku secara berurutan yaitu penulis, penerbit, penyalur, dan pembaca. 

Proses penerbitan buku diawali oleh penulis yang memiliki naskah. Naskah yang sudah jadi kemudian dikirimkan ke penerbit untuk melewati tahapan awal yaitu penilaian naskah dan diputuskan layak tidaknya naskah tersebut untuk diterbitkan. 

Jika naskah yang dikirim layak untuk diterbitkan maka penerbit akan memberitahukan kepada penulis melalui surat pemberitahuan. Isi surat itu terkait dengan permintaan softcopy naskah dari penulis dan penandatanganan surat perjanjian. Pada tahap ini penerbit cenderung pasif untuk menunggu pengiriman softcopy naskah dari penulis. 

Setelah naskah lengkap diterima oleh penerbit maka akan dilakukan tahapan editing dari segi sisi bahasa dan penulisan, tahapan setting layout naskah yang meliputi ukuran buku, ketebalan buku, font tulisan, dan desain buku, dan juga tahapan desain cover yang tentunya sesuai dengan target pemasaran buku. 

Berikutnya penerbit akan melakukan pencetakan naskah proof yaitu buku yang akan diterbitkan untuk dikirimkan terlebih dahulu kepada penulis untuk dilakukan koreksi akhir. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang fatal sebelum dicetak dalam jumlah yang banyak. 

Penulis akan mengirimkan kembali naskah proof tersebut berikut dengan catatan-catatan koreksinya. Kemudian penerbit melakukan koreksi baik di komputer maupun secara manual sesuai dengan catatan dan kemauan dari penulis untuk kemudian dibuatkan film. 

Seletah menjadi film, maka akan ditempelkan ke plat cetak dan dimasukkan ke alat cetak yang besar untuk dicetak lembar demi lembar. Satu lembar terdiri dari 8-30 halaman tergantung ukuran mesin cetaknya. Setelah itu masuk pada proses mesin lipat dan mesin potong sebelum akhirnya di binding/ penjilidan. 

Berikut alur lengkap dari naskah menjadi buku:



Mas Mund
Mas Mund (Munandar, S.Pd.,Gr) Karir sebagai Guru Matematika 1. SMA N 3 Seulimeum (2011-2012) 2. Lembimjar Neutron Slawi (2014) 3. SMK YTP Tegal (2014-2017) 4. SDN Lahua (2017-sekarang) "Orang yang memendam akan kalah dengan orang yang mengungkapkan, dan orang yang menunggu akan kalah dengan orang yang melakukan”.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter