KISAH NYATA "HASIL TAK AKAN MENGKHIANATI PROSES"

Materi             : Menulis di blog menghasilkan buku

Narasumber   : Omjay (Wijaya Kusumah, M.Pd)

Waktu             : Senin, 1 Juni 2020

Pukul              : 19.00 – 21.00 WIB

Bagi seorang guru, ungkapan “Hasil Tak Akan Menghianati Proses” mungkin sudah sangat akrab di dengar. Ungkapan ini dikembangkan dengan pola akibat dan sebab. Hasil merupakan akibat, sementara usaha/ proses merupakan sebab. Secara sederhana, ungkapan ini bermakna bahwa jika kita melakukan sesuatu dengan serius atau berupaya dengan sungguh-sungguh, maka kita akan mencapai hasil yang gemilang.

Apakah makna ungkapan itu benar demikian?

Mari kita simak KISAH NYATA dari salah satu penulis sekaligus blogger ternama “Omjay”.

Wijaya Kusumah, M.Pd yang akrab dengan sapaan Omjay merupakan seorang yang multitalent. Selain sebagai Blogger ternama, Omjay ahli sebagai Trainer, Writer, Motivator, Pembicara Workshop PTK dan TIK. Omjay juga sering diundang di berbagai seminar dan simposium sebagai pembicara/narasumber di tingkat nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara berkat piawai dalam menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay telah banyak menghasilkan karya berupa buku. Karya-karyanya merupakan kumpulan tulisannya yang ada di blog. Omjay memilik prinsip “menuliskan setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”. Tak seharipun tanpa ngeblog. Jadi kalau menilik blog-blognya Omjay pasti ada artikel terupdate.

Inilah beberapa buku karya Omjay dari aktvitas menulis setiap hari di Blog

1) Catatan Harian Seorang Guru Blogger

Buku catatan harian seorang guru blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Tulisan diambil dari kisah nyata Omjay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh pak Sukarno yang menjadi editornya. Selama pengerjaan buku tidak pernah sekalipun Omjay bertatap muka. Pak Sukarno mengerjakannya di Semarang, sedangkan Omjay berada di Bekasi. Keduanya berkomunikasi hanya lewat media sosial whatsapp.

2) Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa

Buku ini adalah hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran Tingkat Nasional. Berkat PTK tersebut, Omjay mendapatkan reward berupa laptop baru, uang jutaan rupiah, serta paket gratis perjalanan ke Bali memakai pesawat Garuda Indonesia dan menginap di hotel bintang 5.

Awalnya Omjay tidak mengetahui kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber-ISBN (International Standard Book Number). Beliau belajar dan mendapatkan ilmunya dari Pak Lukman di Jawa Timur melalui komunikasi online. Berikutnya dari Ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja hal tersebut membuat Omjay merasa senang dan bersemangat karena sebelumnya tidak memiliki pengalaman menulis buku dari hasil PTK.

Berkat membuat laporan PTK yang baik, Omjay juga mendapatan reward kuliah singkat ke China University of Mining Technology (CUMT). Disana Omjay belajar tentang steam dan sepulangnya membawa uang sebanyak 21 juta rupiah. Selain itu, segudang pengetahuan baru yang Omjay dapatkan rencananya akan dituangkan dalam buku baru yang sedang berproses di penerbit Camp Pustaka Yogyakarta.

3) Blogger Ternama

Buku Blogger ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Isinya kisah nyata Omjay menulis di blog dan menjadi blogger ternama. Blogger ternama ditulis dari kisah-kisah inspiratif tentang bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari Penerbit Camp Pustaka.

Berkat rajin menulis di blog, Omjay sering diundang keliling Indonesia dan pernah makan siang di Istana Negara bersama Presiden Jokowi. Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan Omjay menjadi blogger ternama. Bahkan Omjay dengan istri juga pernah bulan madu gratis ke Singapura berkat menulis di blog.

Melalui buku ini, Omjay mengajak kawan-kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual, bukan mengajarkan guru cara membuat blog. Omjay juga ingin menularkan kisahnya melalui buku ini. Bukan menularkan virus corona tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia.

4) Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi merupakan karya dari Omjay

Buku menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi adalah buku pertama yang Omjay terbitkan di penerbit mayor. Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk menerbitkan bukunya. Awalnya Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku, sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun Omjay tak pernah putus asa. Buku akhirnya bisa terbit berkat jasa dari mbak Abdah Khan. Berkat beliau, buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.

Kemudian buku itu diterbitkan oleh Penerbit Indeks Jakarat dengan editor mas Yuan Acita. Sampai sekarang omjay belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau, buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini juga, Omjay bisa kembali membeli rumah baru untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut, Jawa Barat.

Itulah beberapa karya Omjay selama kurang lebih 11 tahun melakukan aktivitas menulis di blog. Tentunya itu waktu dan proses yang relatif lama yang dilalui Omjay. Sejak mengawali untuk menulis, dia berkomitmen untuk menulis setiap hari di blog. Tulisannya mulai dari yang sederhana, kisah inspiratif, atau hanya sekedar berbagi ilmu. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. 

Kesuksesan dalam menulis buku tentunya butuh proses. Contoh analoginya ketika kita bertani. Kita akan menghasilkan padi yg bagus kalau prosesnya bagus, misalnya dengan merawat rutin, membersihkan hama, dan memberikan pupuk agar padinya tumbuh dengan subur. Demikian juga dalam menulis buku. Kita harus melewati banyak sekali proses. Kita harus rajin untuk menulis, membaca, mereview, dan mencoba menerbitkan buku di penerbit. Insyaallah ketika kita menjalaninya dengan proses yang benar, ikhlas, sabar, tidak putus asa, dan selalu berusaha untuk memperbaikinya maka kita akan mendapatkan hasil yang sesuai harapan seperti yang dialami oleh Omjay. “Hasil tak Akan Mengkhianati Proses”

Kini dari aktivitasnya itu, Omjay menuai hasil yang gemilang dapat membuat buku dari hasil menulis di blog dan menjadi guru blogger Indonesia.

Pesan-Pesan Omjay

Omjay ingin menyampaikan kepada kawan-kawan guru bahwa kolaborasi itu penting. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang lain yang baik hati seperti editor yang menemukan kesalahan-kesalahan kita dalam menulis. Keempat buku yang Omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan-kawan guru yg menulis hanya untuk kenaikan pangkat. Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah angka kredit untuk kenaikan pangkat saja.

Oleh karena itu, luruskan niat dan nikmati prosesnya menulis di blog supaya dapat menikmati hasilnya di masa yang akan datang. Diminta atau tidak diminta, blog harus kita isi dengan tulisan yg menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

 

Mas Mund
Mas Mund (Munandar, S.Pd.,Gr) Karir sebagai Guru Matematika 1. SMA N 3 Seulimeum (2011-2012) 2. Lembimjar Neutron Slawi (2014) 3. SMK YTP Tegal (2014-2017) 4. SDN Lahua (2017-sekarang) "Orang yang memendam akan kalah dengan orang yang mengungkapkan, dan orang yang menunggu akan kalah dengan orang yang melakukan”.

Related Posts

11 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter